Bagaimana Nasib Jaringan Tubuh Setelah Dioperasi ?

Departemen Patologi Anatomi FK-KMK UGM

Narasi

Seorang sejawat dokter yang bertugas di luar pulau Jawa pernah menghubungi saya untuk bertanya. Kalau dia mengirimkan jaringan hasil operasi yang sudah dikuburkan 2 hari apakah masih bisa diperiksa secara histopatologis? Dengan sangat menyesal saya sampaikan, kalaupun jaringan dimasukkan ke cairan formalin lalu dikirimkan ke laboratorium, jaringan yang sudah membusuk sudah tidak layak untuk diperiksa. Kita tidak akan mendapatkan hasil apa-apa kecuali jaringan yang sudah busuk dan pemborosan biaya pemeriksaan.

Ternyata masih ada sebagian orang yang belum mengerti bahwa jaringan hasil operasi harus segera dimasukkan ke dalam formalin buffer 10% agar tidak membusuk dan struktur jaringannya tidak rusak, lalu dikirimkan ke laboratorium patologi anatomi untuk diperiksa dan ditegakkan diagnosis pastinya. Penegakan diagnosis pasti melalui pemeriksaan jaringan (histopatologi) sangat penting untuk penanganan atau terapi selanjutnya.

Video edukatif “Bagaimana Nasib Jaringan Tubuh Setelah Dioperasi?” memaparkan proses yang dilakukan pada jaringan hasil operasi atau biopsi, mulai dari pengangkatan jaringan saat operasi, sampai menjadi sediaan mikroskopis yang siap diperiksa oleh seorang dokter ahli patologi anatomik. Video ini dibuat dengan narasi yang mudah dipahami sehingga orang-orang di luar tenaga kesehatan memahami pentingnya pemeriksaan jaringan tubuh hasil operasi.

Semoga bermanfaat.