Fotografi

Kumpulan foto oleh civitas akademika UGM

Kontributor

Donny Anwar

Donny Anwar

Mahasiswa

Donny Anwar, seorang mahasiswa Pendidikan Dokter FK UGM yang masuk pada tahun 2013. Sejak kecil Donny memiliki hobi traveling dan berenang. Kemudian keinginan untuk menjadi seorang fotografer timbul di saat Donny mengenyam bangku kuliah. Melalui hobi fotografi ini, ada beberapa hal yang dapat diambil, seperti pepatah mengatakan "Sambil menyelam minum air." sekalian jalan-jalan menyegarkan otak dan pikiran sambil mengabadikannya ke dalam sebuah foto.?

Dwija Supriyana, dr.

Dwija Supriyana, dr.

Dokter

dr. Dwija Supriyana, biasa dipanggil DJ. Masuk FK UGM tahun 1980, kemudian bertugas sebagai dokter Puskesmas di Timor Timur mulai tahun 1989 sampai tahun 1993, sesudah itu mutasi ke Kabupaten Bantul. Sampai saat ini bekerja di Puskesmas Pandak II. Hobi traveling, off-road, dan photography. Belajar photography sejak bertugas di Timor Timur dan mulai menekuni nya sejak 1990.

Eddy Supriyadi, dr.

Eddy Supriyadi, dr.

Konsultan

dr. Eddy Supriyadi, Konsultan Hematologi-Ongkologi Pediatrik yang menyukai fotografi dan bersepeda. Beliau menempuh masa studi 7 tahun hingga beliau menyematkan gelar dokter pada namanya, masuk tahun 1982 dan lulus tahun 1989. Beliau belajar fotografi otodidak, mulai memotret dengan kamera instan merk Fuji ketika mendapat beasiswa pada waktu SMP (1976). Sejak itu hobi memotret beliau berlanjut meski harus dengan meminjam kamera milik tetangga/teman. Kamera pertama yang dimiliki adalah Nikon F90X (1994).

Handhika Pratama Putri Yulianto

Handhika Pratama Putri Yulianto

Mahasiswi

Handhika Pratama Putri Yulianto adalaha nama lengkap saya. Handhika, begitulah saya kerap di sapa oleh teman – teman kampus. Saya mulai menyukai fotografi semenjak SMA kelas 2. Saya sering hunting foto dengan kamera sewaan dan kemampuan yang seadanya. Awalnya hanya asal foto, namun lama – lama menjadi hobi yang saya sangat gemari. Setelah ibu saya membelikan kamera, saya mulai memperdalam tentang fotografi. Semenjak saya mengikuti acara unit fotografi di kampus, saya mendapatkan pengetahuan lebih tentang fotografi seperti materi teknik – teknik dasar fotografi dan komposisi foto. Idola saya adalah sang legendaris fotografer Arbain Rambey sebagai jurnalis fotografer.

Jonathan Hasian Haposan, dr.

Jonathan Hasian Haposan, dr.

Dokter

Seorang dokter yang memiliki hobi fotografi, traveling, dan desain grafis. Dokter yang masuk FK UGM tahun 2009 ini mulai menyukai fotografi terutama melalui media gadget sejak SMA, kemudian tertarik untuk belajar fotografi secara otodidak. Ia memiliki impian untuk menyalurkan hobinya dalam mengembangkan dunia medis, terutama melalui jalur teknologi dan medical advancement. Slogan hidupnya : "mulailah dengan satu langkah kecil dalam merubah dunia"

Mushtofa Kamal, dr.

Mushtofa Kamal, dr.

Dokter

dr. Mushtofa Kamal adalah alumni Fakultas Kedokteran UGM angkatan 2007 yang saat ini sedang praktek di pedalaman Papua Barat. Dokter yang biasa disapa Mush ini juga menjabat sebagai Ketua Indonesian Young Health Professionals’ Society . Simak kisahnya di Papua melalui karyanya berikut.

Nia Bactiar

Nia Bactiar

Mahasiswi

Nia Bactiar, mahasiswa Gizi Kesehatan FK UGM, angkatan 2015. Sudah sejak SMA Nia tertarik di bidang fotografi. Menurutnya, fotografi adalah seni yang membuat candu. Beberapa teknik fotografi sudah ia pelajari ketika mengikuti kegian UFO UGM. Nia sangat tertarik dengan Human Interest fotografi, karena menurutnya foto human interest mampu menunjukkan luapan emosi/ekspresi asli dari seseorang, seolah penikmatnya mampu memahami isi hati seseorang hanya dari melihat suatu foto.

 Rr. Raihan Rizki Ramadhani

Rr. Raihan Rizki Ramadhani

Dokter

Rr. Raihan Rizki Ramadhani, atau yang akrab dipanggil Rere, memulai studi di Pendidikan Dokter FK UGM sejak tahun 2013. Kegemaran membaca serta ketertarikan terhadap alam dan lingkungan mendorongnya untuk memborong dan menumpuk isu-isu majalah National Geographic di kamarnya sejak masa sekolah. Hal itu, ditambah sang ayah yang juga menggeluti dunia fotografi, menyulut rasa ingin tahunya untuk ikut mencoba membidik dan menangkap objek melalui kamera. Baginya, yang menarik dari fotografi adalah status anonimitas yang didapat saat berada di belakang kamera, yang memberikan seseorang kebebasan untuk dapat menikmati dan menjadi bagian dari suatu momen tanpa menjadi titik fokus dari momen tersebut.

 Sutadi, dr.

Sutadi, dr.

Dokter

dr. Sutadi, masuk FK UGM tahun 1980 dan lulus tahun 1987. Sejak tahun 2008 dr Sutadi bekerja di Dinkes Kabupaten Serang kemudian pada tahun 2011 pindah dari Dinkes ke RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang Provinsi Banten, dr Sutadi memiliki hobi olah raga judo dan traveling, sejak tahun 2005 dr Sutadi mulai menyukai fotografi. Dengan fotografi dr Sutadi merasa hidupnya menjadi sangat berwarna.