Memanfaatkan Teknologi Teleconference untuk Rumah Sakit

doctors-teleconference-mrs

doc: plantronics.com

Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan yang pesat pada proses penyampaian informasi. Informasi yang berupa teks, audio sampai video dapat disampaikan secara real time. Teknologi ini sangat bergantung pada kestabilan koneksi internet, semakin bagus konektivitasnya maka akan semakin baik juga penyampaian informasinya.

Teknologi  teleconference sangat bermanfaat dalam menunjang kinerja rumah sakit. Teknologi ini berguna untuk telemedicine dan aplikasi telenursing, seperti diagnosis, konsultasi, pengiriman gambar medis, dan lain-lain. Dengan menggunakan teleconference, pasien dapat menghubungi perawat dan dokter dalam keadaan darurat atau situasi rutin, dokter dan paramedis profesional dapat mendiskusikan kasus di jarak yang jauh.

Beberapa manfaat teleconference:

  1. Menghemat Uang dan WaktuUntuk  lokasi yang jauh, dokter dapat melihat pasien melalui video, menerima hasil tes laboratorium atau hasil rekam medis bahkan dapat berkomunikasi secara langsung dengan staf medik yang menangani pasien tersebut. Teknologi ini mengurangi jumlah perjalanan dokter dari satu lokasi ke lokasi yang lain, biaya yang dikeluarkanpun dapat ditekan.
  2. Menjangkau Lebih Banyak PasienJarak yang jauh merupakan tantangan khusus dalam perawatan kesehatan. Bagaimana menghubungkan pasien dengan dokter spesialis yang tepat beberapa mil jauhnya?  Bagaimana memberikan perawatan kesehatan dasar ke masyarakat pedesaan dan daerah berpenduduk jarang? Bagaimana tim perawat bertemu untuk mengembangkan rencana perawatan? Jarak dan waktu merupakan hambatan utama bagi perawatan kesehatan yang lebih baik.
  3. Meningkatkan Penelitian dan PelatihanTeknologi ini membantu ahli medis dan ilmuwan berkolaborasi dalam penelitian tanpa meninggalkan laboratorium mereka. Memungkinkan siswa untuk melihat dan bertanya kepada dokter tentang prosedur pembedahan saat sedang dilakukan atau membantu mendiagnosa pasien dari  lokasi yang jauh.
  4. Meningkatkan Komunikasi Melalui video conference, pelatihan karyawan baru dapat dilakukan dalam kelompok besar dan di beberapa lokasi untuk masalah umum seperti manfaat, kebijakan rumah sakit, atau kepatuhan. Ini juga memungkinkan informasi baru dipresentasikan ke beberapa lokasi dalam satu sesi.
  5. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dengan menggunakan video conference, rumah sakit dapat menghilangkan kebutuhan untuk merujuk pasien yang memerlukan perawatan khusus secara berkelanjutan. Hal ini juga meningkatkan penyampaian pengobatan karena dokter di lokasi lain dapat berbicara langsung dengan mereka yang mengelola perawatan, serta membuat diagnosis klinis dan konsultasi dengan pasien.
  6. Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Tim yang berkomunikasi melalui video conference berbagi pengetahuan secara lebih luas, menghasilkan keputusan yang lebih cepat dan lebih tepat guna, yang mengurangi waktu ke pasar untuk produk dan layanan baru. Video conference, terutama di bidang kesehatan, dapat dimanfaatkan untuk menciptakan hubungan pribadi yang lebih pribadi antara pasien dan staf, mendorong kepercayaan dan kesetiaan.

Beberapa aplikasi teleconference yang dapat digunakan :

  • VMEET video conference
  • Skype
  • Gotowebinar
  • Google hangout
  • Webex
  • Blue jeans
  • Vidyo conferencing
  • Adobe Connect
  • UMEETMEPolycom
  • Zoho meeting, dan sebagainya

Referensi :

https://www.eztalks.com/healthcare/6-ways-video-conferencing-improves-healthcare.html

http://www.capterra.com/web-conferencing-software/

https://id.wikipedia.org/wiki/Konferensi_video