Pelatihan Persiapan Implementasi Billing System Rawat Inap di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu

meha1Dalam  rangka menindaklanjuti implementasi Billing System berbasis Open Source di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, Tim PKMK FK UGM diudang untuk memberikan pemantapan terhadap implementasi Billing System di Rawat Jalan dan Penunjang serta memberikan pelatihan pengenalan modul billing system di UGD dan rawat inap kepada calon user/ pengguna di RSUD Umbu Rara Meha, Waingapu. Acara dilaksanakan selama dua hari yakni 23-24 September 2014.

Pada hari pertama, ada dua kegiatan yang dilakukan oleh tim PKMK FK UGM. Kegiatan pertama, tim melakukan presentasi untuk pengenalan awal mengenai sistem informasi manajemen rumah sakit dan pengenalan tata cara penggunaan billing system installasi rawat inap kepada calon user/ pengguna dari staf administrasi UGD dan rawat inap RSUD Umbu Rara Meha, Waingapu. User terdiri dari petugas-petugas UGD dan rawat inap di RSUD Waingapu. Pada sesi pengenalan ini, masih terlihat calon user canggung mempergunakan komputer karena belum terbiasa.

meha2Pada kegiatan kedua, tim melakukan kunjungan ke masing-masing bagian instalasi rawat jalan untuk melakukan evaluasi implementasi billing system, mulai dari bagian pendaftaran dan kasir, masing-masing klinik sampai ke ruang laboratorium dan radiologi. Ada beberapa kendala yang masih ditemui di masing-masing bagian.  Kendala utama yang dihadapi adalah keterlambatan input data yang disebabkan oleh keterbatasan SDM untuk melakukan proses input data. Kendala ini akhirnya diatasi dengan mengutamakan input data yang dibutuhkan untuk billing system dan melengkapi input lainnya setelah jam pelayanan selesai. Selain itu, tim memberikan pengarahan kepada user di masing-masing bagian agar sistem berjalan dengan baik.

Pada hari kedua, dilaksanakan simulasi penggunaan billing system UGD dan Rawat Inap. Tim PKMK FK UGM memberikan demonstrasi kepada calon user rawat inap dengan dibantu oleh tim IT dari RSUD Waingapu. Demonstrasi sistem dilakukan menggunakan data yang sudah disesuaikan dengan data yang ada pada sistem RSUD Waingapu. Setelah dilakukan demonstrasi oleh tim PKMK FK UGM, masing-masing calon user dipersilahkan untuk mencoba langsung menggunakan billing system dan dievaluasi langsung oleh tim PKMK FKUGM. Walaupun rata-rata peserta masih canggung dalam menggunakan billing system namun peserta cukup antusias dalam pelatihan ini, hal ini ditandai dengan kehadiran seluruh calon user dari UGD dan rawat inap. Pada akhir sesi dilakukan simulasi real yang diperankan oleh peserta.

Setelah pelatihan ini akan dilakukan proses setting system dan pelatihan lanjutan di laboratorium mini oleh tim IT RSUD Umbu Rara Meha, Waingapu. Pelatihan sekaligus evaluasi terkait persiapan implementasi billing system rawat inap akan dilaksanakan oleh tim PKMK FK UGM pada pertengahan bulan Oktober.