TERM OF REFERENCE
Seminar Nasional Health Promoting University

Jumat, 18 Oktobers 2019, Puku 07.30-15.00 WIB
University Club (UC) UGM Hotel


 Latar Belakang

Universitas merupakan tempat sivitas akademika menghabiskan sebagian besar waktunya. Produktivitas sivitas akademika yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa akan lebih efektif dan efisien ketika dilakukan dalam kondisi fisik dan mental yang sehat. Namun, data kesehatan di Gadjah Mada Medical Center (GMC) menunjukkan terdapat 133 kasus hipertensi di tahun 2014 (Hermawan, 2014). Kondisi mahasiswa yang kurang sehat ini berdampak pada sulitnya mendapatkan pekerjaan. Penelitian yang dilakukan oleh Grehenson (2010), menunjukkan bahwa sebanyak 30% mahasiswa UGM tidak lolos saat tes seleksi kesehatan yang diakibatkan kadar kolesterol yang tinggi. Data dari Carrier Center Fakultas Teknik UGM juga menunjukkan bahwa 58% dari 611 lulusan yang mengikuti seleksi BUMN memiliki masalah kesehatan.

ASEAN University Network (AUN) – Health Promotion Network (HPN) pada tahun 2017 mengenalkan Healthy University Framework untuk mempermudah universitas di ASEAN dalam mengadopsi health promoting university. Health promoting university (HPU) adalah pendekatan promosi kesehatan pada lingkungan kampus untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pola hidup sehat melalui kegiatan pengabdian masyarakat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan universitas. Kegiatan Konferensi Health Promoting University kedua yang diadakan oleh AUN-HPN pada bulan Agustus 2019 menghasilkan deklarasi Manila yang menyatakan bahwa universitas sebagai pusat kesehatan dan kesejahteraan. Perkembangan health promoting university di UGM dimulai dari tahun 1999, dengan adanya GMC. Tahun 2004, Fakultas Kedokteran menerapkan kebijakan kawasan tanpa asap rokok, yang kemudian berkembang di lingkungan UGM pada tahun 2008. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) juga mengembangkan program peningkatan aktivitas fisik dengan mengadakan kegiatan senam bersama setiap jumat dan membuat jogging track. Selain itu, FKKMK menerapkan traffic light food di kantin untuk mengembangkan kantin sehat.

Aktivitas yang mendorong terwujudnya kampus sehat tidak hanya dilakukan oleh FK- KMK. Departemen Teknik Mesin Sekolah Vokasi telah membuat gerakan Health Solidarity, Fakultas Teknik telah melaunching Posbindu PHSS (Promosi Hidup Sehat dan Sejahtera) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik telah mendeklarasikan diri sebagai Fisipol Healthy Campus pada tanggal 12 Juli 2019. Fakultas Psikologi bekerja sama dengan Center for Public Mental Health (CPMH) juga telah mengembangkan panduan “Universitas Sejahtera”. Dalam rangka membentuk kampus sehat yang terstandar dan terkoordinasi dengan baik antar

fakultas atau unit kerja, Universitas Gadjah Mada telah mendeklarasikan diri sebagai health promoting university pada tanggal 19 Juli 2019. Pengembangan HPU membutuhkan kerjasama dengan berbagai instansi agar optimal dan berkelanjutan, kegiatan workshop juga telah dilaksanakan guna meningkatkan jejaring.

Salah satu tema dari HPU adalah literasi kesehatan. Literasi kesehatan diperlukan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran sivitas akademika, sehingga sivitas akademika dapat berperilaku sehat yang nantinya dapat mendukung produktivitas dan kualitas hidup. Oleh sebab itu, diadakan seminar Health Promoting University sebagai salah satu bentuk kegiatan untuk meningkatkan literasi kesehatan. Selain untuk mempromosikan dan diseminasi mengenai program HPU ke universitas lain, sehingga universitas lain dapat mengadopsi kegiatan HPU UGM untuk diterapkan di universitas masing-masing.

 Tema

Health Promoting University: Menciptakan Universitas sebagai Pusat Kesehatan dan Kesejahteraan

 Tujuan

Seminar ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan literasi kesehatan dan mempromosikan program Health Promoting University serta diseminasi ke universitas lain.

 Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Seminar ini akan diselenggarakan pada :

  • Hari, tanggal : Jumat, 18 oktober 2019
  • Pukul : 30-15.00
  • Tempat : University Club (UC) UGM Hotel

Peserta

Peserta seminar ini adalah profesional di bidang kesehatan dan pendidikan, mahasiswa dan alumni berbagai universitas (150 orang). Peserta akan mendapatkan sertfikat berSKP dari IAKMI dan PPKMI setelah mengikuti seminar.

Pendaftaran : http://ugm.id/semnasHPU

 Call for Paper

Tema : Upaya kesehatan yang dilakukan dalam lingkup universitas (Health Promoting University)

  • Persyaratan :
  1. Judul tidak melebihi dari 15
  2. Naskah abstrak terdiri dari satu halaman dengan maksimal 250 kata, yang dibuat dalam bahasa Indonesia atau bahasa
  3. Berisi latar belakang, tujuan, metode, hasil, bahasan dan saran, serta kata
  4. Apabila non-penelitian berisi : latar belakang, tujuan, isi (kegiatan, review policies), lesson learned.
  5. Penulisan menggunakan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts dan spasi
  6. Abstrak dikirim dalam format microsoft word.
  7. Abstrak dikirim melalui link : http://ugm.id/paperHPU
  8. Poster dan naskah lengkap dikirim setelah pengumuman lolos
  9. Naskah lengkap maksimal 3000
    • Batas open abstract : 2 Oktober 2019
    • Review abstract : 3-6 oktober 2019
    • Pengumuman lolos abstrak: 7 oktober 2019

 Rundown kegiatan seminar

Waktu Kegiatan Narasumber / PIC
07.30-08.00 Registrasi Panitia
08.00-08.05 Pembukaan Panitia
08.05-08.15 Indonesia anthem dan himne Gadjah Mada Panitia
08.15-08.25 Sambutan rektor UGM dan pembukaan Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU.
08.25-08.30 Pemutaran video HPU Panitia
08.30-09.30 Keynote Speech

 

Health Promoting University sebagai upaya implementasi GERMAS di lingkungan universitas (50 menit)

 

dr. Kirana Pritasari, MQIH

 

Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI

Diskusi (10 menit) Moderator
09.30-09.40 Launching buku Kerangka Kerja HPU edisi Bahasa Indonesia dr. Kirana Pritasari, MQIH
09.40-09.55 Coffee break Panitia
09.55-11.00 Panel 1:

 

1. Implementasi Health Promoting University di Indonesia (15 menit)

 

Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D

2. Menjaga kebugaran dengan membudayakan aktivitas fisik di lingkungan kampus (10 menit) Dr. dr. Denny Agustiningsih, M.Kes., AIFM.
3. Peran universitas dalam membentuk perilaku diet sehat sivitas akademika (10 menit) Prof. Dr. Ir. Endang S. Rahayu, MS
4. Membangun tata ruang dan bangunan yang sehat, aman dan ramah difabel di kampus (10 menit) Sentagi Sesotya Utami, S.T., M.Sc., Ph.D.
Diskusi panel 1 (20 menit) Moderator
11.00-13.00 Lunch break Panitia
13.00-14.00 Panel 2:

 

1. Membangun kesehatan mental yang positif di lingkungan kampus (10 menit)

 

Dr. Diana Setiawati P, M.Hsc. Psy, Ph.D

2. Aksi nyata kampus dalam menangani kekerasan, perundungan dan pelecehan di lingkungan universitas (10 menit) Sri Wiyanti Eddyono,S.H.,LLM. (HR).,Ph.D
3. HPU dalam mendorong terwujudnya lingkungan bebas asap rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang (10 menit) Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., PhD
4. Peran literasi kesehatan dalam pengambilan keputusan mengenai kesehatan di era digital (10 menit) Anis Fuad, S.Ked., DEA
Diskusi Panel 2 (20 menit) Moderator
14.00-14.50 Poster presentation dan tanya jawab Moderator
14.50-14.55 Pengumuman pemenang lomba vlog HPU dan poster presentation Panitia
14.55-15.00 Penutupan dan Coffee break Panitia