Kelas Kanal – Pemasangan Ventilator Mekanik pada Pasien dengan Gagal Nafas

Sobat kanal, pasti tidak asing dengan alat canggih yang biasa digunakan untuk membantu pernafasan pasien.. Ya, ventilator. Kelas kanal kali ini akan membahas mengenai pemasangan ventilator mekanik pada pasien dengan gagal nafas.

Ventilator bekerja melalui pipa nafas yang dimasukkan ke dalam saluran nafas, aliran keluar masuk udara akan melalui pipa tersebut dan dikontrol oleh ventilator. Ventilator modern dilengkapi dengan software yang canggih dan dirancang untuk dapat menentukan tipe pernafasan yang perlu diberikan kepada pasien.

Cikal bakal ventilator ditemukan pertama kali 1800 dengan menggunakan konsep tekanan negatif bernama iron lung. Selanjutnya iron lung pun berkembang. Pada tahun 1907, ditemukanlah pulmotor, yang memberikan udara pernafasan melalui sungkup wajah menuju paru-paru pasien. Pada tahun 1960-an, perkembangan ventilator tekanan positif semakin berkembang untuk digunakan dalam pelayanan rumah sakit hingga saat ini.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai kinerja ventilator dan pemasangannya pada pasien gagal nafas?
Tonton penjelasan selengkapnya oleh Purwadi Sujalmo, S.Kep., Ns., MN., M.Kep dari Departemen Keperawatan FKKMK UGM di Yotube Kanal Pengetahuan FKKMK UGM.