Seminar Nasional
Penggunaan Obat/Antibiotik yang Rasional Oleh Masyarakat

Auditorium FK UGM
Sabtu, 25 Maret 2017 Pukul 08.00 – 13.00 WIB

i.underline

Pada hari Sabtu, 25 Maret 2017, telah berlangsung Seminar Nasional Penggunaan Obat/Antibiotik Yang Rasional Oleh Masyarakat. Seminar diselenggarakan oleh Kagama Fakultas Kedokteran UGM bekerjasama dengan International Network of Rational Use of Drugs (INRUD) Indonesia. Seminar diikuti oleh berbagai profesi kesehatan, penyelenggara pelayanan kesehatan, sivitas akademika, aktivis pemberdayaan masyarakat, dan umum. Bertindak sebagai moderator adalah Prof. Sri Suryawati, penasehat ahli kebijakan dan manajemen obat WHO Geneva.

Dalam pengantar Seminar, Dr. Budiono Santoso, SpFK., PhD. menyampaikan pentingnya strategi yang berkesinambungan dari semua pemangku kepentingan, agar upaya pencegahan dan pengendalian resistensi antibiotika mencapai hasil yang diharapkan. Dr. Aris Widayati, Dekan Fakutas Farmasi Universitas Sanata Dharma memaparkan hasil penelitiannya terkait persepsi masyarakat terhadap penggunaan antibiotika. Hasil penelitian ini sangat penting untuk memahami permasalahan sehingga dapat menentukan strategi yang tepat untuk upaya pemberdayaan masyarakat. Dr.dr. Rustamaji, pakar pengabdian masyarakat UGM menjelaskan pentingnya melakukan pengabdian masyarakat yang bertanggung jawab, yaitu dengan menggunakan strategi yang telah terbukti efektif, dan implementasinya dalam skala luas harus dilakukan secara terukur.

Dari unsur profesi kesehatan, dr. Sunartono, M.Kes. dari Pengurus Daerah Ikatan Dokter Indonesia mengingatkan kembali peran penting dokter sebagai ‘patient educator’ agar menggunakan obat secara rasional. Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia memaparkan peran strategis profesi apoteker dalam penggunaan obat yang rasional serta program-program IAI dalam pencegahan dan pengendalian resistensi antibiotika. Pemaparan materi ditutup oleh Dra. Dettie Yuliati, Direktur Pelayanan Farmasi Kementerian Kesehatan RI, yang selama dekade terakhir ini telah menyelenggarakan program-program pemberdayaan masyarakat untuk penggunaan obat secara rasional.

Seminar ditutup dengan diskusi panel yang dipandu oleh Prof. Dr. Suryawati. Forum menyimpulkan bahwa ketidakrasionalan penggunaan obat menjadi salah satu penyebab resistensi antibiotika. Diperlukan pemahaman terkait persepsi masyarakat terhadap obat/antibiotika, agar dapat dipilih strategi intervensi yang sesuai. Upaya pemberdayaan masyarakat skala luas harus menggunakan strategi yang telah terbukti efektif membentuk perilaku penggunaan rasional. Profesi kesehatan merupakan agen perubahan yang sangat penting. Upaya pemberdayaan memerlukan kerjasama semua pihak. Masyarakat bukanlah objek kegiatan semata, oleh karena itu inisiatif dan partisipasi aktif dari komponen masyarakat sangat diperlukan.

Seminar merekomendasikan empat hal krusial, yaitu aksi yang berkelanjutan dari semua pemangku kepentingan, komunikasi yang berkelanjutan antar pemangku kepentingan, dan koordinasi, sinergi dan koalisi yang berkelanjutan antar pemangku kepentingan. Seminar juga merekomendasikan evaluasi berkala untuk mengukur pencapaian dan memperkuat strategi pencegahan dan pengendalian resistensi antibiotika. Distribusi antibiotika perlu diperkuat pengawasannya, untuk mencegah peredaran antibiotika tidak resmi.

Untuk itu, INRUD-Indonesia dan Kagama-Kedokteran mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersatu dalam Koalisi Nasional Pencegahan dan Pengendalian Resistensi Antimikroba.

Opening Remark oleh Kagama Kedokteran dan INRUD

Dr. Budiono Santoso, SpFK., PhD.

Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Antibiotika

Aris Widayati, MSi, Apt, PhD. (Dekan Fakultas Farmasi Univ. Sanata Dharma Yogyakarta)

Strategi Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Penggunaan Obat/Antibiotika Secara Rasional

Dr. dr. Rustamaji, MKes. ( Fakultas Kedokteran UGM )

Edukasi Pasien/Masyarakat untuk Menggunakan Obat/Antibiotika Secara Rasional

dr. Sunartono., MKes. (Ikatan Dokter Indonesia/IDI)

Program IAI Sebagai Agent for Change Untuk Meningkatkan Penggunaan Obat/Antibiotika yang Rasional

Ike Dhiah R.,S.Farm-Klin.,Apt ( Ikatan Apoteker Indonesia )

Gerakan Masyarakat Cerdas dan Bijak Menggunakan Obat/Antibiotika, Menuju Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga Sehat

Dra. R. Dettie Yuliati, Apt, MSi ( Direktur Pelayanan Kefarmasian, Ditjen. Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kemenkes. RI )

Rekomendasi dan Panel Diskusi

Prof. Dr. Sri Suryawati