Peran Kecerdasan Buatan dalam Pelayanan Kesehatan

Platform Laboratorium Digital dengan Teknologi Kecerdasan Buatan

Indarto – Founder/CEO Neurabot Lab

Kecerdasan Buatan dan Big Data pada Layanan Kesehatan Modern

Faris Yusuf Baktiar, S.Si, M.Cs – Vice President of Technology Widya Analytic

Kompleksitas dan peningkatan data dalam pelayanan kesehatan menunjukkan bahwa kecerdasan buatan (AI) akan semakin banyak diterapkan di lapangan. Beberapa jenis AI yang sudah digunakan terkait dengan diagnosis, pengobatan, pemantauan pasien jarak jauh, keterlibatan dan kepatuhan pasien. AI juga berperan dalam pengawasan penyakit, respons wabah, dan manajemen sistem kesehatan. Meskipun ada banyak contoh di mana AI dapat melakukan pelayanan kesehatan dengan baik, bahkan lebih baik dari manusia, banyak faktor yang masih menjadi tantangan dalam perluasan cakupan AI ke depan seperti terkait keamanan, privasi, berbagi data dan informasi, termasuk isu etik, legal dan regulasi.

Kini banyak perusahaan menggunakan AI untuk meningkatkan perawatan klinis dan mengembangkan algoritma yang dapat membantu petugas kesehatan memeriksa indikasi penyakit pasien tertentu dan mempertimbangkan berbagai alternatif pengobatan. Perlu dipertimbangkan terdapat kemungkinan kesenjangan digital bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan akses dan infrastruktur ke layanan internet. Selain itu, perlu disepakati siapa yang akan bertanggung jawab jika terjadi kesalahan yang pada sistem AI. Kemudian bagaimana mengatur sektor swasta di bidang ini.