Laporan Kegiatan Interactive Education Learning Tahap I di RS Islam Jakarta Dalam rangka Pengembangan Hospital Delivery Management System untuk TB/MDR-TB

pelatihan1Tanggal 16 Februari 2015 yang lalu, sebuah kegiatan Interactive Education Learning tahap 1 telah selesai dilakukan di RS Islam Jakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan penelitian untuk mengembangkan sistem manajemen pelayanan TB/MDR-TB yang merupakan kerjasama antara RS Islam Jakarta (dan RS Bethesda Yogyakarta serta RSUP Dr. Sardjito) dengan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK UGM.

Pelatihan dibuka oleh Direktur Utama RS Islam Jakarta, dr. Prastowo Sidi Pramono, Sp.A. Direktur menyatakan bahwa sangat berterima kasih kepada Tim PKMK FK UGM yang melibatkan RS Islam Jakarta pada kegiatan HDMS ini. Dengan kegiatan ini banyak sekali pelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh RS khususnya dalam upaya peningkatan mutu pelayanan di RS Islam Jakarta. Dan secara bersamaan sangat membantu dalam proses Akreditasi 2012 di RS Islam Jakarta.

Materi yang pertama tentang TB Anak disampaikan oleh dr. Desiana Dewayanti, Sp.A., yang merupakan dokter penuh waktu di RS Islam Jakarta. Narasumber memaparkan tentang TB anak secara umum dan pentingnya upaya upaya pencegahan TB Anak. Diakhir slide dipaparkan tatalaksana TB anak, tatalaksana neonatus pada ibu TB, dan tatalaksana TB MDR anak dari Buku Panduan TB Anak 2013.

Materi kedua disampaikan oleh dr. Diana, salah satu staf medis di RS Islam Jakarta, yaitu Clinical Pathway dan implementasinya. Dr. Diana memaparkan 3 CP yang telah disusun oleh Tim RS Islam Jakarta, yaitu CP TB Rawat Jalan, TB Anak Rawat Jalan, dan TB dengan Hemoptoe Rawat Inap. Dijelaskan oleh narasumber bahwa 3 CP ini merupakan bagian dari CP lain yang telah disusun oleh RS Islam Jakarta dalam rangka proses Akreditasi RS 2012 di RS Islam Jakarta. Akan tetapi yang disayangkan bahwa 3 CP di atas hingga saat ini belum dijalankan, dan pada pemaparan ini ditegaskan oleh dr. Diana mulai minggu depan (minggu terakhir Februari) berbagai CP akan mulai dijalankan.

pelatihan2Secara umum acara berlangsung sangat baik. Selain direksi, pelatihan ini juga diikuti oleh perawat yang bertugas di Instalasi Rawat Jalan, Rawat Inap, petugas rekam medis dan berbagai unit lain di RS Islam Jakarta. Selain itu juga co-ass yang sedang menempuh pendidikan di RS Islam Jakarta juga dilibatkan untuk mendapatkan pengalaman baru. Selain secara tatap muka, ada juga peserta yang mengikuti melalui webinar.

Beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam kegiatan pelatihan tersebut adalah koordinasi dengan Rumah Sakit Islam Jakarta Television (RSIJ TV) dalam pelaksanaan kegiatan ini. RSIJ TV merupakan unit di bawah RS Islam Jakarta yang menyiarkan informasi kesehatan dan kegiatan di lingkungan RS Islam Jakarta melalui jaringan televisi baik secara internal maupun eksternal terbatas. RSIJ TV mempunyai kemampuan untuk menyiarkan program atau acara tertentu secara live ke beberapa RS Islam  lainnya di lingkunan PP Muhammadiyah (misalnya RSI Pondok Kopi, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RS Islam di Malang dan lainnya). Belajar dari fasilitas yang dimiliki RS Islam Jakarta ini, diharapkan kedepan koordinasi dan kerjasama dengan RSIJ TV di RS Islam Jakarta akan lebih baik.

Penulis: Hary Sanjoto

Editor: Putu Eka Andayani